innovative sustainable fabrics

  2023-10-06 

  888

Kain berkelanjutan inovatif adalah salah satu langkah penting menuju masa depan mode yang lebih berkelanjutan. Sampah tekstil telah menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia kita saat ini. Diperkirakan bahwa hampir 92 juta ton limbah tekstil dihasilkan setiap tahunnya, dengan sekitar 60% material tersebut mengandung serat-serat sintetis yang sulit terurai. Namun, industri mode dan tekstil saat ini sedang berusaha untuk menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi masalah ini melalui pengembangan kain berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Salah satu contoh kain berkelanjutan yang inovatif adalah TENCEL ™. TENCEL ™ adalah serat selulosa buatan manusia yang diproduksi dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti kayu keras. Serat ini memiliki kualitas yang sangat baik, seperti serat alami seperti kapas, tetapi jauh lebih ramah lingkungan dalam proses produksinya. Serat TENCEL ™ diproduksi melalui proses yang disebut spunlacing, yang menggunakan air sebagai pelarut untuk menguraikan selulosa dari kayu dan menghasilkan serat halus. Setelah dilakukan, serat tersebut kemudian diregangkan menjadi benang dan digunakan untuk membuat kain yang akhirnya digunakan dalam produksi pakaian.

TENCEL ™ memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi alternatif yang menarik untuk serat sintetis seperti poliester. Pertama, serat ini mudah terurai secara alami dan dapat di daur ulang sepenuhnya. Karena sifatnya yang berasal dari bahan alami, serat ini dapat didegradasi dengan bantuan mikroorganisme dalam tanah, tidak seperti serat sintetis yang dapat membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Selain itu, produksi serat TENCEL ™ membutuhkan sekitar sepertiga dari jumlah air yang dibutuhkan dalam proses produksi poliester, membuatnya lebih ramah lingkungan dan mengurangi dampak negatif pada sumber daya air di planet kita.

Selain TENCEL ™, ada juga serat Ingeo yang berkelanjutan. Ingeo dibuat dari tanaman jagung yang juga merupakan bahan yang dapat diperbaharui. Serat Ingeo memiliki beberapa keunggulan yang serupa dengan TENCEL ™. Seperti TENCEL ™, serat Ingeo mudah terurai secara alami dan dapat didaur ulang sepenuhnya. Produksi Ingeo juga menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah dibandingkan dengan serat sintetis seperti poliester. Selain itu, serat ini memiliki sifat yang mirip dengan serat alami seperti kapas, menjadikannya nyaman untuk digunakan dalam pakaian.

Kain berkelanjutan lainnya yang inovatif adalah kanvas ramah lingkungan yang terbuat dari serat rami. Rami adalah tumbuhan serat alami yang tumbuh dengan cepat dan dapat ditanam tanpa pestisida atau pupuk kimia yang berlebihan. Serat ini sangat kuat dan tahan lama, sehingga kain yang terbuat darinya memiliki daya tahan yang baik. Selain itu, rami juga memiliki sifat yang menyerap kelembaban dengan baik, yang membuatnya nyaman untuk digunakan dalam cuaca panas. Kain rami juga mudah di daur ulang dan memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan serat sintetis.

Dalam industri mode yang semakin menyadari dampak negatifnya terhadap lingkungan, pengembangan kain berkelanjutan yang inovatif menjadi sangat penting. Kain-kain ini memungkinkan kita untuk tetap tampil modis secara ramah lingkungan dan bertanggung jawab terhadap planet kita. Dengan memilih menggunakan kain berkelanjutan, kita juga dapat mendorong industri mode untuk beralih ke praktik yang lebih berkelanjutan dan membantu mengurangi limbah tekstil global.

Keep in
touch
      Thank you very much for your interest in our company.
  Our task is to improve the level of service and product quality, and constantly meet the needs of customers is the goal we have been actively pursuing, which is our strategic priority to win long-term customer recognition.
If you have any questions, you can contact us according to the following contact information,we will reply to you in the shortest time, thank you.